Minggu, 28 September 2014

Evolusi Komputer


Komputer merupakan alat hitung yang berasal dari bahasa latin yaitu computare, karena pada awalnya komputer hanya digunakan sebagai alat untuk perhitungan angka-angka sebelum menjadi perangkat multifungsi. Komputer yang ada saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan sejak dahulu berupa alat mekanik dan elektronik.
 
Perkembangan komputer  meliputi peningkatan kecepatan processor, penyusutan ukuran  komponen,  peningkatan  ukuran memori  dan peningkatan  kapasitas  serta kecepatan I/O.

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Sejarah  perkembangan  komputer dibagi menjadi :
1.  Sebelum tahun 1940
2.  Sesudah tahun 1940

SEBELUM TAHUN 1940 

Manusia  menggunakan  jari  untuk mengenali  dan  membilang  nomor  satu  hingga sepuluh.  Selepas  itu  mereka  mulaI  mengenali nomor-nomor  yang  lebih  besar  tetapi  masih menggunakan digit-digit dari 0 hingga 9.  Ahli-ahli perniagaan dari negeri China, Turki  dan  Yunani  menggunakan  abakus (sempoa) untuk melakukan perhitungan.  Pada  tahun  1617,  John  Napier mengemukakan  perhitungan  logaritma  dan menemukan  alat  yang  disebut  tulang  Napier (Napier’s bones).. Blaise  Pascal  mencipta  mesin perhitungan  mekanikal  pertama  pada  tahun 1642.  Mesin  ini  beroperasi  dengan menggerakkan  gear  pada  roda.  Pascal  juga telah  banyak  menyumbang  ide  dalam  bidang matematika.  Pada  tahun  1816,  Charles  Babbage membuat ‘the difference engine’. Mesin ini bisa menyelesaikan  masalah  perhitungan matematika  seperti  logaritma  secara mekanikal  dengan  tepat  sampai  dua  puluh digit.  Howard  Aiken  memperkenalkan penggunaan  mesin  elektromakenikal  yang disebut dengan nama Mark I pada tahun 1937. Bentuknya besar dan berat serta mengandungi kabel  wayer  yang  panjang.  Semua  operasi  di dalam  komputer  dijalankan  oleh  tenaga elektromagnetik.

      1.     Abacus
Alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik-manik yang dapat di geser. Abacus muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dan dapat dikatakan sebagai awal mula mesin komputasi. Untuk melakukan perhitungannya dengan cara menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.

      2.     Kalkulator Roda Numerik
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), menemukan apa yang disebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) yang pada saat itu digunakan untuk membantu ayahnya dalam melakukan perhitungan pajak.

      3.    Kalkulator Roda Numerik 2
Tahun 1694 Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716), seorang matematikawan dan filsuf Jerman. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal untuk dapat menyempurnakan alatnya dan memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.

      4.    Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.


SESUDAH TAHUN 1940

1.   Komputer Generasi Pertama
Komputer  generasi  pertama  menggu-nakan  Vacuum  Tube  (tabung  vakum) untuk  menyimpan  baris  perintah.  Vacuum Tube  yang  diperlukan  amatlah  banyak agar  komputer  dapat  digunakan  secara tepat  dan  ukuran  komputer  generasi pertama  ini  sangat  besar.

 


















2.  Komputer Generasi Kedua
Perubahan  mendasar  pada  komputer generasi  kedua  ini  adalah  penggatian Vacuum  Tube  oleh  transistor.  Dimana transistor  memiliki  spesifikasi  sebagai berikut:
 - Lebih kecil
 - Lebih ringan
 - Disipasi daya lebih rendah
 - Solid State device
 - Terbuat dari silikon Silicon (Sand)
Transistor ditemukan 1947 di Lab.Bell oleh William Shockley . 


3.  Komputer Generasi Ketiga
 Komputer  generasi  ketiga  memasuki era  microelectronics  sebagai  pengganti transistor.  Microelectronics  merupakan dasar  penemuan  dari  integrated-circuit (lintasan yang terintegrasi).
MICROELECTRONICS
Microelectronics  merupakan  benar  – benar    “  small-electronics”  yang  dapt dibuat  dengan  semikonduktor.  Contoh:    : silicon  wafer  (wafer  silikon).  Microelec-tronics lebih dikenal dengan nama chip.


4.  Komputer Generasi Terakhir
Pada  komputer  generasi  terakhir  ini sudah memanfaatkan mikroprocessors.
PERKEMBANGAN MICROPROCESSOR
1.  1971 - 4004
      - Microprocessor pertama
      - Semua  komponen  CPU  adalah single chip
      - 4 bit
2.  Diikuti  dengan  munculnya  8008  tahun 1972
      - 8 bit




Sumber : 
http://elearning.amikom.ac.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer

39 komentar:

  1. artikel nya cukup menarik,, dan dapat menambah pengetahuan untuk mahasiswa... lebih baik lagi artikel artikel seperti ini dikembangkan untuk memberikan manfaat kepada semua mahasiswa

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus hehe.. keep posting hehe

    BalasHapus
  3. ternyata gitu ya sejarah komputer, makasih ya infonya :)

    BalasHapus
  4. Postingan yang ada tulis dalam blog sudah sangat membantu saya mengetahui tentang perkembangan komputer. Saya sangat terbantu dengan postingan anda untuk tugas kuliah saya. Saya tunggu postingan selanjutnya tentang perkembangan komputer masa kini.

    BalasHapus
  5. Mantap! nambah pengetahuan baru nih, makasih infonya

    BalasHapus
  6. Keep posting....good article... (y)

    http://renaldi-eha.blogspot.com/2014/09/evolusi-komputer.html

    BalasHapus
  7. Thanks atas infonya, jadi lebih tau sejarah komputer dari awal, mudah-mudahan bermanfaat buat pembaca yang lainnya :)

    BalasHapus
  8. nice post!! sangat membantu banget untuk pengetahuan perkembangan komputer

    BalasHapus
  9. Thanks info sejarah komputernya sangat membantu...

    BalasHapus
  10. Bgus de info'a, smgga mmbantu tugas mahasiswa/i untuk tingkat 1 hehe ditunggu postingan selanjutnya wel

    BalasHapus
  11. Nice artikelnya!! Bisa dijadikan referensi ni��

    BalasHapus
  12. Wah ngebantu banget buat tugas, thanks ya infonya :)

    BalasHapus
  13. thanks infonya..sangat bermanfaat artikelnya.. keep posting. :D

    BalasHapus
  14. cocok banget nih sama tugas gua.. nice info sist :)

    BalasHapus
  15. nice artikel buat nambah referensi :)

    BalasHapus
  16. Wah terimakasih atas infosharing nya!

    BalasHapus
  17. Artikel ini sangat bermanfaat bagi pembacanya, dikarenakan sekarang merupakan era kemajuan kemajuan teknologi yang kian pesat. Teknologi seperti komputer yang telah memudahkan kita dalam mencari segala informasi informasi yang tidak kita ketahui melalui dunia maya atau yang sering kita dengar dengan sebutan "internet" telah menjadi jalan praktis kita untuk mendapatkan pengetahuan pengetahuan seperti artikel evolusi komputer yang saat ini sedang kita baca, tentu sangatlah penting untuk bekal pengetahuan tentang evolusi teknologi kedepannya. Teknologi dari zaman ke zaman tidak akan berkembang sedemikian pesat tanpa adanya sejarah awal terbentuknya teknologi tersebut. Saran saya untuk penulis blog adalah tetaplah anda kembangkan artikel artikel tentang sejarah sejarah teknologi didunia dari zaman awal terbentuknya hingga sekarang. Keep Posting!:)

    BalasHapus
  18. Nah ini dia artikel yg saya cari, tp masih binggung buat yg generasi 4 nih, kan sebenernya sama kan kayak generasi 5?

    BalasHapus
  19. artikelnya bagus, sangat bermanfaat. ada gambarnya juga. jadi pembaca ga harus membayangkan apa yg anda terangkan diatas. nice keep posting!!!

    BalasHapus
  20. Nice post!!! Lumayan banget buat nambah2 ilmu hehe makasih banyak:D

    BalasHapus
  21. Good Post , Postigannya bermanfaat banget. Thank udah ngeposting

    BalasHapus
  22. nice post, bisa buat bahan refrensi.

    BalasHapus
  23. makasih ya, udah nulis artikel tentang sejarah komputer secara lengkap.. berguna bgt loh artikel yang kaya gini buat para pecinta perkembangan dunia teknologi komputer diluar sana hehe keep posting yaaa

    BalasHapus
  24. Good information Gan!! Cocok nih buat tugas ane thankyou infonya gan!:D

    BalasHapus
  25. Postingan nya sudah bagus, simple tapi mungkin di postingan selanjutnya bisa lebih detail lagi diselingi info-info terbaru tentang komputer. sejauh ini sangat membantu pelajaran saya untuk lebih mengetahui tentang generasi komputer dari awal.

    BalasHapus
  26. Artikelnya bagus, dapat menambah wawasan kita tentang sejarah perkembangan komputer , nice post (y)

    BalasHapus
  27. nice gan blog nya.... ditunggu kembali post nya ya gan

    BalasHapus
  28. artikelnya bagus
    jadi tau sejarah komputer. visit too my blog :) http://aryaadam.blogspot.com/

    BalasHapus
  29. mantap artikelnya :)
    mampir2 kesini yak
    http://yusufmuamalat.blogspot.com/2014/09/yusuf-blogs.html

    BalasHapus
  30. Artikelnya bagus. cuma ada baiknya dikembangkan juga kearah sitem komputer jaman sekarang-masa dpan kaya misalnya gadget yang popularitasnya dah menyaingi kebutuhan komputer di masyarakat umum ditambah harapan/ informasi mengenai perkembangan/ usaha/ kemajuan teknologi di era globalisasi ini.

    BalasHapus
  31. Nice post!! Thank you buat infonya yg bermanfaat :)

    BalasHapus
  32. hominah hominah hominah izin comot aganwati

    BalasHapus
  33. Makasih udah share informasi yg bermanfaat banget di bidang TI, bisa jadi referensi buat nambah ilmu dan tentang sejarah-sejarah komputer yang belom diketahui orang lain.

    BalasHapus
  34. Nice post!!! Penulisannya bermanfaat banget buat pembaca yang belum mengetahui perkembangan komputer lebih dalam

    BalasHapus
  35. nice artikelnya gan, tapi penjelasannya masih kurang, mohon di revisi kembali :)

    BalasHapus
  36. artikelnya bagus kok, tapi lebik baik lagi kalo ditambah gambar di yang "sebelum tahun 1940" dan pastinya akan lebih baik lagi hehe :)

    BalasHapus