PENGERTIAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Desain pemodelan grafik merupakan
suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan
melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan
citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata yakni Desain, Pemodelan dan Grafik dan jika
diuraikan masing – masing dari setiap arti suku kata tersebut memiliki
pengertian sebagai berikut :
PENGERTIAN DESAIN
Desain adalah seni terapan,
arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka
bentuk atau rancangan.
PENGERTIAN PEMODELAN
Pemodelan adalah pola/contoh dari
sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan
dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan
beberapa langkah saat pembuatannya.
PENGERTIAN GRAFIK
Grafik didefinisikan sebagai
pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan
menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu
manipulasi model dan citra.
PENGERTIAN DESAIN GRAFIK
Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi
menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari
komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata
letak, dan desain interaksi.
PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIK DARI
BERBAGAI MEDIA
Desain pemodelan grafik adalah proses untuk menghasilkan citra suatu objek baik dalam 3D maupun 2D, dengan tujuan untuk memahami desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang estetis, komunikasi dan efisien dalam konteks media sehingga pada kenyataannya dapat diterapkan untuk berbagai bidang diantaranya adalah seni, kewirausahaan, marketing, dan advertising. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.
Perkembangan grafis computer telah
membuat kita dapat berinteraksi dengan mudah dengan computer dan memiliki
dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi industri
dibidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah digunakan dalam
arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer yang bukan berupa
teks atau suara”. Biasanya istilah komputer grafik banyak digunakan pada
beberapa hal yaitu pada representasi dan manipulasi data citra oleh
computer,berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi
gambar pada gambar yang dihasilkan sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari
metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Saat ini, komputer grafis
menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek
kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi,
di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan
prosedur operasi. Grafis yang dibuat
dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal
yang mudah dan dapat mudah dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media
seperti laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan
ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari
komputer grafis. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi
3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat
kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D, tetapi tidak sedikit yang masih
menggunakan perangkat komputer grafis 2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah
muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer yang
mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
PRINSIP & UNSUR DESAIN GRAFIK
1.
PRINSIP
·
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis
menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
·
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau
kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan
seimbang secara visual.
·
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
·
Penekanan
Penekanan dimaksudkan untuk menarik
perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang
dimaksud.
·
Irama
Irama merupakan selisih antara dua
wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada
musik beruntun yang sama.
2.
UNSUR
·
Garis
Sebuah garis adalah unsur desain
yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga
bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
·
Bentuk
Bentuk adalah segala hal yang
memiliki diameter tinggi dan lebar.
·
Huruf
Yang direpresentasikan dalam bentuk
visual yang dapat digunakan untuk membentuk tulisan sebagai wakil dari bahasa
verbal dengan bentuk visual langsung, seperti A, B, C, dsb.
·
Simbol
Yang direpresentasikan dalam bentuk
visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara
umum sebagai simbol atau lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata,
misalnya gambar orang, bintang, matahari dalam bentuk sederhana (simbol), bukan
dalam bentuk nyata (dengan detail).
·
Form
Bentuk ini betul-betul mencerminkan
kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detil, hewan atau
benda lainnya.
·
Tekstur
Tekstur adalah tampilan permukaan
(corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
·
Ruang
Ruang merupakan jarak antara suatu
bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk
memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
·
Ukuran
Ukuran adalah unsur lain dalam
desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
·
Warna
Warna merupakan unsur penting dalam
obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas,
menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual
secara jelas.
Desain pemodelan grafik menggunakan bantuan perangkat lunak komputer. Pemodelan grafik yang kita kenal adalah grafik computer 2D, 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pattern. Desain pemodelan grafik juga di aplikasikan pada berbagai bidang kehidupan seperti:
·
Peta digital
·
Kesehatan
·
Perancangan
objek
·
System
multimedia
·
Presentasi
grafik
·
Presentasi
saintifik
·
Pemrosesan
citra
·
Simulasi.
MANFAAT DESAIN
PEMODELAN GRAFIK DALAM BERBAGAI BIDANG
· Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat
melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek
ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah
diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan
simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar
kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
·
Bidang
Hiburan
Tidak memungkiri pada
sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik
komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun
sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi
yang dapat membuat film semakin menarik.
·
Bidang
Perancangan
Pada bidang ini grafik
komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain
kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya
akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya.
·
Bidang
Bisnis
Untuk mempromosikan
sebuah bisinis dengan cara yang lebih menarik dalam segi visual.
·
Bidang
Sosial
Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Proses yang dilakukan dalam desain pemodelan grafik
1. Klipping.
Klipping adalah pemotongan suatu objek dengan bentuk tertentu.
Alasannya dilakukan Klipping adalah:
- Menghindari perhitungan koordinat pixel yang rumit.
- Interpolasi parameter.
- Menghindari perhitungan koordinat pixel yang rumit.
- Interpolasi parameter.
2.
Translasi
Translasi adalah suatu pergerakkan /
perpindahan semua titik dari objek pada suatu jalur lurus sehingga menempati
posisi baru. Jalur yang direprestasikan oleh vector tersebut disebut translasi
atau vector geser.
3.
Rotasi
Rotasi adalah mereposisi semua titik
dari objek sepanjang jalur lingkaran dengan pusat pada titik pivot.
4. Skala
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
Penskalaan koordinat dimaksud untuk menggandakan setiap komponen yang ada pada objek secera scalar. Keseragaman penskalaran berarti skala yang digunakan sama untuk semua komponen objek.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah
pengetahuan dasar mengenai desain pemodelan grafik.
Tools untuk Desain Grafis
Free download software desain grafis
gratis dan cepat. Banyak jalan menuju pencapaian hasil grafis yg bagus. Baik
itu teknik, bidang, jenis, warna dan software. Para desainer dunia tidak
mempunyai patokan dasar dalam cara menghasilkan grafis yang bagus, yang ada
adalah patokan hasil grafis yang baik dan sesuai dengan kaidah. Ada pula
sebagian lainnya tanpa melalui kaidah-kaidah ini dan tetap saja hasilnya bagus.
Sekarang waktunya kita berali untuk membahas apa saja software yang bisa
digunakan dalam desain grafis.
PROGRAM PENGOLAH GRAFIK/GRAFIS
Oleh karena desain grafis dibagi
menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda,
bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.
Program ini sering digunakan untuk
keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis.
Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program
lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga
sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan
berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.
Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo
retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap
sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna
tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan
pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang
termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi
dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah
vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara
otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam
aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
- Pixelmator
- Manga studio
- Gimp
- Pos Free Photo Editor
4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format.
Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah
menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect)
seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat
menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition
- Camtasia
5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok
ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia
berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam
bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi,
teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang
disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah:
- Macromedia
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro
6. Pengolah 3 dimensi
- Xara 3D
- 3Ds Max
- Houdini
- Lightware
- Blender
- Pixar
- Maya
- Poser
- AutoCad
7. Software tipografi
- Fontographer
- AMP Font Viewer
Referensi:
http://buatdesainkita.blogspot.co.id/2012/12/pengertian-desain-dari-beberapa-sumber.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar